Tim Dosen FSains Angkat Tema Pengolahan Sagu Modern dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Tim Dosen FSains Angkat Tema Pengolahan Sagu Modern dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pose Bersama Tim Dosen dan Warga setelah Kegiatan

Semester ganjil tahun akademik 2017/2018 telah berlalu baik bagi mahasiswa dan dosen, ditandai dengan rampungnya nilai-nilai beberapa mata kuliah yang diprogramkan mahasiswa. Tapi sebenarnya yang rampung itu masih pada kegiatan Pendidikan, karena masih ada beberapa dosen yang belum menuntaskan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di semester ganjil tersebut. Mengisi waktu luang di peralihan semester ini, dosen-dosen UNCP khususnya FSains, menyibukkan diri dengan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, dan penunjang. Tidak sedikit juga yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi, baik untuk kampus secara umum, maupun untuk fakultas/prodi secara khusus. 

Salah satu Tim Dosen dari Fakultas Sains yang terdiri lima orang, yakni Ibu Pauline Destinugrainy Kasi, S.Si., M.Sc.; Ibu Ilmiati Illing, S.Si., M.Pd.; Bapak Muhammad Nur Alam, S.Si., M.Si.; Ibu Fitri Jusmi, S.Si., M.Sc., dan Bapak Syarif Hidayat Amrullah, S.Pd., M.Sc., melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengusung tema Pengolahan Sagu Modern. Turut serta dalam kegiatan ini lima orang dalam dua kelompok mahasiswa yang telah menuntaskan Mata Kuliah Kewirausahaan dari Prodi Kimia. Lewat kegiatan ini, Tim Dosen bersama dengan mahasiswa memberikan pelatihan kewirausahaan dan demonstrasi pembuatan produk hasil olahan sagu modern berupa Es Krim dan Puding Sagu. 

Penyampaian materi Kewirausahaan

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung di RT 003/RW 004, Dusun Buntulobo, Kelurahan Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo. Pelaksanaannya selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat, 25 dan 26 Januari 2018. Dimulai pukul 10.00 WITA dan dibuka oleh ketua rombongan, sekaligus Dekan FSains Pauline Destinugrainy Kasi, M.Sc., dilanjutkan dengan materi pengembangan minat kewirausahaan oleh Muh. Nur Alam, M.Si. Selanjutnya dilakukan pengenalan produk-produk olahan sagu modern dan demonstrasi dua produk di antaranya. 

Demonstrasi pembuatan produk oleh mahasiswa

Tujuan utama dari pelatihan kewirausahaan dan demonstrasi pembuatan produk olahann sagu modern ini adalah untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu rumah tangga di sekitar lokasi tentang pengolahan bahan makanan berbahan dasar sagu. Seperti diketahui, pemanfaatan sagu umumnya hanya diolah menjadi kapurung dan dange. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Ibu-ibu terlihat sangat antusias dalam memperhatikan materi dan demonstrasi.

Antusiasme warga dalam memperhatikan materi dan demonstrasi

Arti, Ibu RT 003, menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena warga setempat jadi tahu bahwa sagu bisa diolah menjadi es krim dan puding. Ibu-ibu jadi bisa menyiapkan es krim dan puding sagu buatan sendiri unruk anak-anak di rumah. Hanya saja, sangat disayangkan karena keterlambatan informasi, peserta pelatihan tidak sebanyak yang diharapkan. hanya sekitar 20% dari total ibu-ibu dalam Kelompok PKK setempat yang sempat hadir, karena beberapa di antaranya bekerja di Gudang Pengolahan Rumput laut. 

Tinggalkan Komentar