Selamat, Tim IbM Madu Battang, Menjadi Penyaji Poster Terbaik Seminar Hasil Abdimas UNCP 2017

Selamat, Tim IbM Madu Battang, Menjadi Penyaji Poster Terbaik Seminar Hasil Abdimas UNCP 2017

Madu Hutan Battang, salah satu produk IbM UNCP tahun 2017

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Cokroaminoto Palopo telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat sebagai proses desiminasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh penerima hibah DRPM Kemenristekdikti tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa tanggal 12 Desember 2017 di Aula E kampus 1 UNCP. Pelaksana hibah Abdimas terdiri atas lima tim pelaksana. Satu tim memaparkan hasil program iptek bagi kewirausahaan (IbK) dan empat tim lainnya memaparkan hasil program Iptek Bagi Masyarakat (IbM). Peserta kegiatan melaksanakan presentasi laporan akhir dan memaparkan poster kegiatan.

Seluruh peserta telah mempresentasikan laporan kegiatan dan direview oleh reviewer internal yaitu Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd, ketua LPPM Universitas Cokroaminoto Palopo. Ketua LPPM menghimbau kepada pelaksana abdimas agar segera menyelesaikan seluruh laporan dan administrasi sebelum tanggal 15 Desember 2017 untuk diserahkan kepada kopertis Wilayah IX Sulawesi.

Pada kegiatan ini tim IbM Madu Battang menjadi penyaji poster terbaik. Menurut Ariandi, S.Pd., M.Si. dosen program studi biologi yang merupakan anggota tim dari IbM Madu Battang menyatakan bahwa program IbM ini dilaksanakan untuk membantu mitra pemburu madu hutan untuk memproduksi dan memasarkan madu hutan dalam kemasan botol yang hiegienis dilengkapi dengan label kemasan. Tim IbM Madu Battang telah melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat Battang mengenai cara pengolahan madu hutan secara berkualitas dan berkelanjutan sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk mendukung perekonomian pemburu madu hutan Battang.

Kegiatan tersebut menjadi rangkaian kegiatan laporan akhir Program Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Kemenristekdikti tahun 2017. Diharapkan penerima pendanaan Hibah Abdimas di tahun 2018 bisa mengalami peningkatan dari yang telah dicapai tahun ini, agar penerapan dan pengembangan Iptek di masyarakat dapat terus berlanjut. 

Tinggalkan Komentar