Kegembiraan FSains UNCP di Awal April: Tiga Judul PKM Lolos dan Fisika menuju ON-MIPA Tingkat Nasional Malang 2018

Kegembiraan FSains UNCP di Awal April: Tiga Judul PKM Lolos dan Fisika menuju ON-MIPA Tingkat Nasional Malang 2018

Mahasiswa FSains yang baru-baru ini dinyatakan lolos PKM dan jadi finalis ON-MIPA 2018 (Dari kiri ke kanan: Ahid Astrika, Ika Suliawati, Yulchen, dan Desi Novianti)

Kabar menggembirakan menghampiri Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo di pekan pembuka Bulan April. Pengumuman dari Simbelmawa Kemenristek Dikti terkait Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan menerima penugasan tahun 2018 telah dirilis beberapa hari lalu. Tak hanya itu, tak lama berselang, pengumuman hasil Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) juga membawa angin segar untuk eksistensi FSains UNCP di kancah Nasional.

Beberapa bulan lalu, admin membagikan informasi, panduan, serta workshop mengenai penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lima Bidang untuk penugasan tahun 2018. Hasilnya kemudian tertuang dalam pengumuman beberapa hari yang lalu. Dalam pengumuman tersebut, terdapat 5 (lima) judul dari Universitas Cokroaminoto Palopo yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan pendanaan, dengan 3 (tiga) di antaranya merupakan proposal yang diusulkan oleh mahasiswa Fakultas Sains, tepatnya 2 (dua) judul dari Prodi Fisika dan 1 (satu) judul dari Prodi Matematika. Jenis PKM yang dilolosi oleh tiga tim FSains ini terdiri dari satu judul PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan dua judul PKM bidang Penelitian Eksakta (PKMPE).

Tim mahasiswa yang berhasil lolos untuk Bidang PKMM diketuai oleh Ahid Astrika (dengan judul: “Ayam Behel” Anyaman Bibir Teh Gelas Bagi Kelompok Dasawisma Kelurahan Mancani Kecamatan Telluwanua Kota Palopo). Sedangkan untuk Bidang PKMPE yang meloloskan dua tim, masing-masing diketuai oleh Ika Suliawati (Pembuatan Kabon Aktif Berbahan Dasar Limbah Serat Sagu untuk Penjernihan Air Sumur Gali Masyarakat Desa Sidoraharjo); dan Yulchen (Analisis Zonasi Daerah Rawan Petir sebagai Langkah Awal Meminimalisir Korban Petir).

Beranjak ke prestasi lainnya, Desi Novianti berhasil menjuarai Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) bidang Fisika untuk wilayah IX Sulawesi. Dalam lomba yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada tanggal 21-22 Maret 2018 lalu, Desi berhasil menyisihkan peserta dari universitas-universitas negeri maupun swasta dalam lingkup wilayah IX Sulawesi. Tidak tanggung-tanggung, mahasiswa yang sekarang memasuki semester IV ini, memaksa peserta dari Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Negeri Makassar (UNM) masing-masing berada di peringkat II dan III. Selanjutnya Desi bersama dengan peringkat II dan III (finalis I, II, dan III dari Wilayah IX) tersebut akan melanjutkan perjuangan dalam lomba ON-MIPA tingkat Nasional yang akan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tanggal 4-7 Mei 2018 mendatang.

Selamat dan segera jalankan program kreativitasnya masing-masing untuk Tim Ahid Astrika, Tim Ika Suliawati, dan Tim Yulchen. Semoga pelaksanaan dan pelaporannya berjalan dengan lancar. Terakhir, selamat berjuang di tingkat nasional untuk Desi Novianti. Harumkan nama almamater menuju cita-cita Beyond National Branding. Salut dan bangga dengan prestasi kalian (SHA).

Selengkapnya mengenai Penugasan PKM 5 Bidang 2018 di sini

Selengkapnya mengenai Pengumuman Finalis ONMIPA 2018 di sini

Tinggalkan Komentar