HMK FSains UNCP Sukses Gelar Olimpiade Kimia

HMK FSains UNCP Sukses Gelar Olimpiade Kimia

Penyerahan hadiah kepada Para Pemenang oleh Dekan FSains

Baru–baru ini, Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) pada Program Studi Kimia Fsains UNCP telah berhasil menggelar kegiatan Olimpiade Kimia yang diberi nama “Chemistry Olimpiad of Cokroaminoto” dengan tema “Mengoptimalkan Generasi Muda dalam Bidang Ilmu Kimia”. Kegiatan ini memperlombakan siswa–siswi SMA se-Tanah Luwu dan Tanah Toraja dalam bidang ilmu kimia dengan dua paket kegiatan, yaitu Cepat Tepat Kimia dan Creative Recycle of Chemistry. Selain dua paket kegiatan tersebut, COC ini juga dirangkaikan dengan kegiatan workshop umum yang mengusung dua tema yakni “Manajemen Laboratorium Sains” yang dibawakan oleh Ibu Idawati Supu, S.Si., M.Si dan “Analisis dan Interpretasi Data” yang dibawakan oleh Bapak Marwan Sam, S.Si., M.Si.

Kegiatan COC ini merupakan event yang baru pertama kali dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia dan merupakan bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Kimia. Olimpiade Kimia ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari hari Sabtu (18/11/2017) hingga Senin (20/11/2017). Kegiatan ini diikuti oleh 31 tim yang berasal dari empat Wilayah yakni Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo. Dari 31 tim tersebut, 26 tim mengikuti paket kegiatan Cepat Tepat Kimia, dan 5 tim beradu dalam paket Kegiatan CRC.

Kegiatan hari pertama diawali dengan technical meeting yang bertujuan untuk membahas panduan perlombaan kepada peserta. Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan workshop umum, dan selanjutnya dilakukan babak penyisihan paket kegiatan Cepat Tepat Kimia. 6 Peserta Cepat Tepat Kimia yang lolos pada babak penyisihan kemudian beradu kembali pada babak semifinal, kemudian 3 peserta yang berhasil lolos dilanjutkan dengan babak final yang dilaksanakan pada hari ketiga setelah Kegiatan Creative Recycle of Chemistry. Dari 26 peserta Cepat Tepat Kimia, akhirnya diperoleh 3 pemenang yang kesemuanya berasal dari SMAN 1 Palopo, sedangkan untuk lomba CRC dari 5 peserta diperoleh 3 pemenang yakni juara 1 dari SMAN 2 Luwu Utara, juara 2 dari SMAN 2 Luwu, dan Juara 3 dari SMAN 12 Luwu.

Dekan FSains menyerahkan piala kepada pemenang Lomba Cepat Tepat Kimia

Para pemenang masing–masing mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala, serta piagam penghargaan. Selain itu, semua peserta yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan sertifikat sebagai peserta kegiatan COC dan sertifikat kegiatan Workshop Umum. Lebih lanjut lagi, Dekan Fakultas Sains, Ibu Pauline Destinugrainy K., S.Si., M.Sc., juga memberikan penghargaan khusus bagi para pemenang yaitu mendapatkan rekomendasi bebas tes masuk perguruan tinggi UNCP di Fakultas Sains Khususnya di Program Studi Kimia.

Tinggalkan Komentar