Himpunan Mahasiswa Sains Biologi Meriahkan Hari Besar Lingkungan Hidup di Palu

Himpunan Mahasiswa Sains Biologi  Meriahkan Hari Besar Lingkungan Hidup di Palu

Pose bersama Delegasi beberapa kampus di sela kegiatan Go Green dan Perang Sampah

Himpunan Mahasiswa Sains Biologi (HMS-Bio) UNCP mengisi libur semester genap dengan kegiatan positif, yakni mengikuti kegiatan Hari Besar Lingkungan Hidup (HBLH) VIII yang diselenggarakan oleh Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, namun karena tanggal tersebut bertepatan dengan Bulan Ramadan, sehingga pelaksanaannya mundur sampai pada Bulan Juli.

Tuan rumah HBLH VIII tahun 2018 adalah Universitas Tadulako dan dipanitiai oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako, Palu. Tahun ini, panitia menghadirkan beberapa delegasi dari Himpunan Mahasiswa (Hima) yang berada dalam wilayah kerja VIII se-Sulawesi. Hima yang dimaksud antara lain: HMS-Bio Universitas Cokroaminoto Palopo, HMPS Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo, HMJ Biologi Saintek UIN Alauddin Makassar, HMJ Biologi Tarbiyah UIN Alauddin Makassar, HIMA-BIO Universitas Sintuwu Maroso, HIMA-BIO Universitas Sulawesi Barat, HIMA-BIO Universitas Haluoleo, HIMA-BIO Universitas Negeri Manado, HIMA-BIO Universitas Muhammadiyah Luwuk, HIMA-BIO Universitas Negeri Gorontalo, dan HIMA-BIO FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Beberapa kegiatan mahasiswa dalam memperingati Hari Besar Lingkungan Hidup 2018, termasuk Seminar dan Pemutaran Film Dokumenter

Kegiatan HBLH VIII ini berlangsung di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Untad, dari hari Jumat hingga Minggu, 20 sampai 22 Juli 2018. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan beberapa item kegiatan, meliputi: Seminar Nasional, Pemutaran Film Dokumenter bertema Lingkungan, Aksi dan Perang Sampah, Sharing Pengolahan Sampah, Penghijauan (Go Green), dan Field Trip. Seminar Nasional dilaksanakan di Auditorium Universitas Tadulako Palu, Pemutaran Film Dokumenter tema Lingkungan dan Sharing Pengolahan Sampah dilaksanakan di kampus lama Untad, Penghijauan dilaksanakan di sekitar jalan menuju tempat wisata Gong Perdamaian, perang sampah dilakukan di sekitar Anjungan, dan Field Trip dilaksanakan di pusat Pantai Donggala.

Aksi Perang Sampah dan penghijauan (Go Green)

Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan lancar dan berlangsung meriah. Hanya saja, pada kesempatan tahun ini, kegiatan Seminar Nasional hanya diikuti oleh tiga delegasi, yaitu HIMA-BIO Unsimar, HIMA-BIO Unsulbar, dan HIMA-BIO FMIPA Untad. Hal ini disebabkan oleh kendala transportasi menuju lokasi penyelenggaraan. Namun demikian, tetap diharapkan dengan diikutinya kegiatan ini, semua elemen mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Sesuai dengan tema kegiatan ini “Cintai Lingkungan, maka Lingkungan akan Menjagamu!” (Nunu/SHA).

Dokumentasi selengkapnya, di sini

Tinggalkan Komentar