Dua Dosen FSains Sabet Juara III dan IV dalam Lomba Cipta Inovasi Palopo 2017

Dua Dosen FSains Sabet Juara III dan IV dalam Lomba Cipta Inovasi Palopo 2017

Bapak Nur Alam (kedua dari kanan) dan Ibu Nurmalasari (kerudung kuning) saat berpose bersama para juara

Babak final Lomba Cipta Inovasi Palopo tahun 2017 telah dilangsungkan pada hari Kamis (5/9/2017) yang lalu, bertempat di Gedung Saokotae Palopo. Dari sekian peserta yang mengirimkan Proposal Cipta Inovasi yang dimulai sekitar 2 bulan lalu, akhirnya terpilihlah 5 finalis/nominasi dari 2 kategori: Layanan Umum dan Teknologo Tepat Guna (TTG). Finalis berasal dari 4 instansi yaitu 2 finalis dari UNCP, 1 finalis STAIN Palopo, 1 dari SMKN 1 Palopo, dan 1 dari Dinas Penanaman Modal Kota Palopo. Kedua Finalis dari UNCP yang masuk dalam kategori TTG adalah Dosen Fakultas Sains atas nama Muh. Nur Alam, M.Si dan Mahasiswi FSains atas nama Nurafiah yang digantikan oleh Dosen Prodi Kimia sekaligus pembimbing mahasiswi bersangkutan, Nurmalasari, M.Sc, karena berhalangan hadir. Kedua Finalis Dari UNCP mengangkat tema inovasi "Energi Alternatif Terbarukan" dengan judul Inovasi Biogas dan Inovasi Briket.

Pada Acara babak final tersebut, kelima finalis mempresentasikan hasil cipta inovasi yang telah dibuat dihadapan para juri dan undangan. Babak final lomba cipta inovasi ini dihadiri oleh Walikota Palopo, Drs. H. M. Judas Amir, M.H. sekaligus memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi. Selain Walikota Palopo, juga turut hadir para Kepala SKPD Kota Palopo serta staf di beberapa Instansi Pemerintahan Kota Palopo.

Para finalis diberikan kesempatan mempresentasikan hasil inovasinya selama 10 menit, dan 5 menit untuk menjawab ataupun menanggapi atas pertanyaan dan saran yang diberikan oleh  juri dan para undangan.

Dari hasil perhitungan nilai para juri, Lomba Cipta Inovasi Kota Palopo 2017 dimenangkan Oleh Dr. Rustam, M.Hum., sebagai  pemenang kategori TTG, sedangkan kategori Layanan Umum dimenangkan oleh finalis dari Dinas Penanaman Modal Kota Palopo. Kedua finalis dari UNCP yang masuk dalam kategori TTG masing – masing meraih penghargaan sebagai terbaik III dan IV.

Pemberian penghargaan langsung diberikan setelah pengumuman dilakukan. Masing–masing pemenang dari terbaik I sampai IV memperoleh piala, piagam penghargaan walikota palopo, dan uang tunai. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Balitbangda Kota Palopo, Dr. Ilham Tahier, MM., yang didampingngi oleh Sekretaris Balitbangda, M. Taufiq.  

Pada akhir acara, Kepala Balitbangda menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Cipta Inovasi ini akan terus dilakukan setiap tahun dan terus dilakukan pembenahan terkait mekanisme lomba, sosialisasi, serta penghargaan yang diberikan kepada pemenang lomba. Ilham Tahier juga berharap bahwa melalui Lomba Cipta Inovasi ini, akan dilahirkan inovator–inovator handal dan berdaya saing dari seluruh kalangan masyarakat baik dari akademisi, peneliti, siswa, guru, LSM, Pemuda Karang Taruna, maupun masyarakat yang tergabung dalam kelompok–kelompok Usaha di bidang pertanian, perkebunan, ataupun kelautan. Ilham tahir menambahkan bahwa sekiranya inovasi–inovasi yang telah dihasilkan dari lomba cipta inovasi ini tidak hanya sekedar narasi ataupun prototipe, namun benar–benar dapat diterapkan dimasyarakat yang berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Selamat kepada para pemenang, terutama untuk Dosen-dosen FSains UNCP yang telah berpartisipasi dan mendapatkan predikat terbaik III dan IV. Be Excellent. (M.N.A/S.H.A)

 

Tinggalkan Komentar